Minggu, 15 Juni 2008

SPREADSHEET BANK RECON, NERACA & LABA RUGI CUMA-CUMA


Digg this
Kali ini, saya mau bagi-bagi: SPREADSHEET BANK RECON (REKONSILIASI BANK), NERACA (BALANCE SHEET) & LABA RUGI CUMA-CUMA

(dengan nama rekening yang sudah lengkap, dan dilengkapi dengan formula, anda cukup memasukkan angkanya). Mungkin rekan-rekan yang di corporate atau Middle enterprise sudah tidak membutuhkannya lagi, karena sudah ada "Instant Accounting Software". tapi bagi rekan-rekan yang mengurus UKM (Small business), mungkin masih membutuhkannya.

Saya sendiri membagikannya bukan karena saya sudah tidak membutuhkannya lagi, bukan juga karena saya sudah memakai accounting software yang nan-canggih. Lebih karena ingin berbagi saja. Toh ini sesuatu yang bisa dicopy (tanpa membuatnya menjadi susut), so makin banyak yang bisa memakai, saya pikir akan makin bagus.

Dikantor saya memakai Lean Accounting-nya SAGE (MAS200) yang sudah sangat terintegrasi, mulai dari book-keeping, Credit System, Inventory Management, Production Planning, Budgeting, Forecasting, dan lain-lain. Di notebook maupun desktop saya pribadi dirumah ada setidaknya 5 accounting software (3 fully licenced & 2 atau lebih piraced), ada 3 software statistic. Wait.... jangan salah mengerti, saya tidak bermaksud bragging or sacking or else. Saya ingin mengatakan.....

"Somehow, saya masih banyak memakai spreadsheet untuk keperluan analysis. Data saya export dari system ke spreadsheet lalu saya analyze... bahkan saya masih punya template dari lotus & symponi yang saya buat waktu masih jamannya sekolah. Mungkin rekan-rekan sekarang sebagian besar sudah sebagian besar tidak kenal lotus or symponi. Itu spreadsheet yang populer sebelum ada windows".

Tidak ada komentar: