Selasa, 03 Juni 2008

PERKEMBANGAN TI


Sejarah SMKN 1 Marabahan

Ditulis Oleh Eko Haryanto
Selasa, 25 Maret 2008


SMK Negeri 1 Marabahan berdiri pada tahun 1994 sebagai penerus dari SMK Selidah yang statusnya adalah swasta. Di mulai dengan mempunya satu Jurusan yaitu Bisnis Manajemen dengan tiga program keahlian, yaitu diantaranya adalah Akuntansi, Perkantoran dan Sekretaris. Pada tahun 1998, dibuka Jurusan baru yaitu Pertanian dengan program keahlian Budidaya Tanaman (BDT). latar belakang dibukanya jurusan ini adalah mengingat wilayah Kabupaten Barito Kuala sebagian besar mata pencarian penduduknya adalah bertani, maka SMK Negeri 1 Marabahan mencoba untuk dapat berperan aktif didalamnya dengan mendidik para siswa dan siswi pada jurusan tersebut untuk dapat menjadi seorang petani yang mempunyai wawasan dan pendidikan formal agar dapat lebih mengembangkan kawasan pertanian di Barito Kuala agar lebih maju dengan menggunakan beberapa teknologi tepat guna untuk menghasilkan hasil panen yang laebih meningkat.
Seiring dengan pesatnya perkembangan Teknologi Informasi (TI) dan meningkatnya permintaan pasar kerja terhadapat tenaga siap pakai pada level mengengah pada jurusan tersebut, maka pada tahun 2004 SMK Negeri 1 Marabahan kembali membuka Jurusan baru yaitu Teknik Informasi dan Telekomunikasi (TIK) dengan Program Keahlian Teknik komputer dan Jaringan (TKJ). Dengan dibukanya jurusan TKJ ini diharapkan masa depan siswa-siswinya akan dapat lebih baik, selain dapat memasuki dunia kerja yang relevan, mereka juga disiapkan untuk dapat menjadi Wirausahawan Muda dengan membuka lapangan pekerjaan sendiri dibidang Teknologi Informasi. Terakhir, pada tahun 2006, SMK Negeri 1 Marabahan kembali membuka satu Jurusan baru yaitu Jurusan Perikanan dengan Program Keahlian Budidaya Ikan Air Tawar.
Dengan demikian sampai dengan tahun 2008, SMK Negeri 1 Marabahan telah memiliki Tiga (3) Jurusan, yaitu; Jurusan Bisnis Manajemen, Pertanian, TIK dan Perikanan.

Tidak ada komentar: